Minggu, 02 Mei 2010

SIFAT-SIFAT WAKTU

Time is money... and how we use the time as like as money?

Waktu adalah uang...

Masa depan merupan hasil dari apa yang kita lakukan di masa sekarang. Sebaik apapun kita merencanakan dan mencita-citakan masa depan gemilang, namun tak akan terwujud jika kita mengisinya dengan banyak hal yang tidak berguna...dan seberapa bergunakah apa yang anda lakukan sekarang anda yang tahu sendiri....

Saya pernah membaca buku mengani bagaimana cara mengelola waktu dengan baik..."Breaking the Time" buku panduan praktis bagi orang-orang sibuk agar dapat mengelola waktunya dengan tepat. 

Terdapat sifat-sifat waktu:

1. Waktu itu tidak dapat diganti

Sering kali saat kita melakukan kesalahan, kita menyesalinya dan lalu berpikir, jika saya ada di kesempatan dan waktu yang sama, saya tidak akan melakukannya lagi. Manusiawi rasanya, saat seseorang menyesali apa yang telah dilakukannya itu tidak sesuai dengan apa yang diimpikan ia akan berharap bisa masuk dalam waktu "kemarin" dan memperbaiki semunya.

Tapi, waktu akan terus berjalan, tanpa ada yang dapat menghentikannya. Waktu bagaikan air yang terus mengalir menuju muara. Dan pada "muara" itulah kehidupan dan roda waktu seseorang mungkin akan terhenti karena menemui ajalnya.

Jika anda membiarkan waktu berjalan tanpa aktivitas yang sesuai dengan misi hidup berarti anda telah menyia-nyiakan waktu. Anda tidak dapat mengganti waktu yang anda sia-siakan itu dengan waktu yang lain. Anda merugi karena telah mebiarakan salah satu modal keberhasilan anda berlalu begitu saja, tanpa anda gunakan sebaik mungkin...pikirkanlah dari sekarang...bahwa waktu tidak dapat diganti..dan pupuklah tiap waktu yang ada..dengan banyak hal yang bermanfaat...karena penyesalan selalu ada diakhir.

2. Waktu dapat Melenakan
Waktu berlalu tanpa terasa, tak sedikit orang yang terlena dalam waktu yang sering kali tidak seusi dengan misi hidupnya. Banyak orang yang merasa hidupnya amat singkat. Masa kecil yang sudah puluhan tahun ditinggalkan terasa seperti baru kemarin. Begitu pula masa remaja dan masa dewasa terasa berlalu amat cepat. Waktu memang melenakan, ia membuat orang lupa bahwa waktu memang terus berjalan menuju batasnya, dan ketika batas itu tibatak ada seorang pun yang dapat mengulangnya. Dan ketika itulah kita baru bisa menyadari betapa waktu sangatlah berharga. Namun, nyatanya semua itu hanya sia-sia... 
maka hargailah setiap waktu yang bergulir, manfaatkan dengan semaksimal mungin dengan aktivitas yang baik, agar kita tidak terlena dengan waktu yang bergulir dan membiarkannya berlalu dengan sia-sia.

3. Waktu adalah momen
Waktu merupakan kesempatan yang tidak akan berulang untuk kedua kalinya. Kehidupan skita terdiri dari momen-momen yang seharusnya tidak dibiarkan berlalu begitu saja. Ada orang yang menyiaka-nyiakan masa mudanya tanpa belajar. Padahal masa muda adalah momen untuk belajar. Ada orang yang menyiaka-nyiakan bakatnya dengan tetap bekerja di tempat yang tidak sesuai dengan bakatnya. Akhirnya ia menyia-nyiakan bakatnya yang sebetulnya dapat mengubah taraf hidupnya
Orang yang mampu mengatur waktu seharusnya jeli memanfaatkan setiap moment dalam hidupnya. Sebaliknya orang yang kurang mampu mengatur waktu akan sering menyia-nyiakan momen baik yang datang padanya, sehingga terbuang dengan percuma. 
Semoga setiap momen yang hadir menghampiri merupakan momen yang membawa kita menjadi sesorang yang lebih bermakna.....

2 komentar:

  1. "Al Waktu Al Hayah, waktu adalah kehidupan. Orang yang menyia-nyiakan waktunya, berarti ia telah menyia-nyiakan hidupnya."
    Artikelnya bagus, mohon ijin untuk mengutipnya sebagian.

    BalasHapus