Sabtu, 17 Juli 2010

MEMBUMIKAN CITA-CITA seruan MANJADDA WAJADDA


Minggu lalu tanggal 11 juli 2010 saya beserta sahabat saya Nanda Karisma, mengikuti seminar yang di adakan oleh Remaja Islam Masjid Agung Sunda Kelapa, Menteng -Jakarta Pusat. Awalnya ingin sekali mengajak semua teman dan rekan mengikuti acara ini, karena dari tema undangan seminarnya saja sudah menggairahkan bagi saya, khususnya bagi orang-orang yang jiwanya perlu sekali diberi siraman dan sentilan semangat dari orang-orang yang berhasil.

ini adalah kilasan dari Training Manjada wajadda yang disampaikan oleh bpk. Akbar Zainuddin, MM (trainer Bakrie Learning Centere), penulis buku bestseller Manjadda wajadda, Konsultan Manajemen dan Teknologi Informasi.

Sukses, bicara tentang sukses tak ada orang satupun yang tidak ingin dirinya sukses, namun kesuksesan pada diri setiap orang mempunyai indikator yang berbeda-beda, memiliki sasaran hidup yang tentunya berbeda. Namun dari semua hal tersebut, kunci utamanya adalah bagaimana kita mampu dan dengan ikhlas, menjadikan diri kita pantas diberikan kemudahan dan keberhasilan meraih cita-cita dan kesuksesan tersebut.

1. Buka Potensi Anda (Jarrib Walaahidz Takun' Aarifan- Coba perhatikan niscaya engkau akan mengerti)
hal yang bisa kita lakukan adalah, amanit dan rasakan hal-hal yang sejauh ini anda nikmati dan membuat anda senang, sadari potensi tersebut, perkuat kemampuan dan bangun kerjasama dengan orang lain. contoh: membangun usaha dari hobby, membuat butik karena kita suka belanja, mempunyai kemampuan memilih barang, design, dan tawar menawar yg baik)...hhmm, boleh dicoba yah, buat para shopaholic ^_^...

2. Kenali kelebihan dan kekurangan (La tahtaqir man duunaka falikulli mazziyat- Janganlan engkau menghina orang lain karena setiap orang mempunyai kemampauan masing-masing)
setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. jadikan kelebihan sebagia sumber keunggulan dalam bersaing, dan kelemahan anda bisa anda tutupi dengan kelebihan yang anda miliki, jangan jadikan kelemahan tersebut menjadi suatu alasan anda tidak dapat melakukan apa-apa yang bermanfaat bagi diri anda. inget slogan d'masiv: tetap jalani hidup ini dan lakukan yang terbaik...lalalala...^_^

3. Mulailah mensyukuri apa yang ada
Tuhan yang super baik, dan penyayang telah memeberikan nikmat hidup bagi kita, so, mulailah belajar bersyukur tentang apapaun yang diberikan, Tuhan memberikan begitu banyak nikmat bagi anda, fa biayyi aalaa irabbi kuma tukadzibban, Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang akan kamu dustakan? (QS.Ar-rahman: 55). cara yang tepat untuk bersyukur adalah menggunakan nikmat tersebut sebaik-baiknnya, karena HIDUP adalah Anugerah. Ingatkan saya ya teman, kalau saya tidak bersyukur...:)

4.Cobalah untuk berpikir Positif (Wa' ainur-ridha'an kulli'aibin kaliilatun kamaa'anna-ssukhti tubdi-I-masawiyya -Jika kita melihat sesuatu dengan positif, maka semuanya akan terlihat baik, sebaliknya jika melihat sesuatu dengan negatif, maka semua yang tampak adalah kejelekan)

Setiap hal baik sesuatu atau seseorang pasti dan mutlak akan memiliki hal positif dan negatifnya, minimalisirlah pikiran negatif anda setiap harinya dan jangan sampai pikiran negatif menutupi mata hati kita.

Abu Qilabah: Apabila ada kabar yang tidak mengenakkan tentang saudaramu sesama muslim, carilah hal yang dapat memaafkannya sebisa kamu, kalau tidak kau dapati alasan yang tepat, katakan pada dirimu sendiri: "Mungkin saudaraku ini memiliki alasan yang tidak aku ketahui" (Shifatus Shofwah III:237)

Hidup adalah keindahan dan nikmat yang luar biasa ....

5. Hindari Sifat Negatif ( Suul khuluqi Yu'di- Sifat jahat itu Menular)
Subhanalloh, sering nih pasti kita merasa begini, apalagi biasanya saat kondisi kita sedang labil, mengalami depresei, emosi, dan tekanan tertentu, atau perasaan empati, dan simpati yang berlebihan ketiak kita melihat ada orang yang diperlakukan tidak baik, justru kita malah ikutan melakukan hal yang tidak baik juga, sebaik bentuk empati ikut merasakan yang dirasakannya, hhhmmm...menurut saya itu wajar dan alamiah, tapi harus dihindari, dan ditekan emosi kita,..Hindari mengeluh, mengumpat, dan marah-marah....ayo...ayo...kita coba yah..^_^

6. The MIRACLE IS YOU!! (Al jaddu bil jiddi wal hirmaanu bil kasali, fanshab fanshab tushib'an qariibin ghayatal amali - kesuksesan didapat dengan kerja keras dan kegagalan terjadi karena kemalasan, bersungguh-sungguhlah maka Engkau akan disegerakan dengan segera apa yang dicita-citakan, dan Percayalah pada kemampuan Diri sendiri)

SADARIlah bahwa keajaiban itu ada pada diri ANDA, the miracle is you....maka mulailah untuk melihat keajaiban-keajaiban tersebut dan manfaatkanlah hal tersebut menjadi suatu kebaikan dan kebermanfaatan, tapi bukan magic atau ilmu sihir yah... ;)

Fokus pada hal-hal yang meningkatkan kelebihan bukan memikirkan kelemahan, yakinkan diri kita , bahwa kita memiliki sesuatu yang patut kita banggakan, dan jangan TAKUT untuk melangkah.


7. LUPAKAN MASA LALU (Tarji'al ayyamul-latti madhat- hari-hari yang sudah berlalu itu tidak akan kembali)

Biarlah masalalu menjadi catatan cerita dalam hidup kita, seperti kata pak Mario Teguh, berdamailah dengan masa lalu, dan janganlah membuat masa lalu menjadi tembok penghalang yang melemahkan banyak hal baik yang dapat kita berikan...hilangkan dendam, dan maafkanlah....memaafkan lalu lupakanlah,..bisa ga yah?? BISA DONG...PASTI BISA...BISA...AYO BISA...BISMILLAH... ^_^

8. Bekali diri anda dengan pengetahuan dan keterampilan (ta'alam falaisal mar'u yuuladu'aaliman, walaisa akhuu'ilmin kaman huwa jaahil)

kunci dari orang-orang yang cerdas adalah SKILL mengasah Keterampilan, KNOW mengembangkan Pengetahuan, Attitude membangun SIKAP MENTAL. Orang-orang yang pandai, biasanya akan berlaku sebaik mungkin pada orang lain, memperlakukan orang lain dengan baik, tidak melihat dari sisi RAS,dan KASTA, bahkan berlaku sebaik mungkin pada orang-orang telah menjadikannya musuh dalam hidupnya, contohnya adalah the prophet Muhammad SAW.

9. Jadilah yang terbaik, Tinggi Bagai Bintang (tawadda takun kannajmi laaha linadzirin wa takun kaddukhaani ya'luu binafshi ila tubaqaatil jawwi wahiyya raniin)dan Jangan takut GAGAL!!

tulislah cita-cita anda setinggi dan sebanyak mungkin, dan fokuslah untuk meraihnya dimulai dari melakukan hal-hal sederhana yang mampu membawa penguatan pada diri anda, bahwa anda sedang meraih cita-cita yang tinggi tersebut. Jangan takut menuliskan cita-cita yang tinggi, karena cita-cita yang tinggi dan baik adalah doa untuk diri anda...Jadilah bintang yang tinggi di langit, yang menjadi penerang. Jangan menjadi wan, yang seolah tinggi, padahal tidak punya apa-apa...tuliskan cita-cita kita di kaca, atau tembok kamar kita, dan jadikan hal tersebut menjadi dorongan semangat untuk kita melakukan banyak hal yang memantaskan diri kita berhak mendapat sesuatu kesuksesan tersebut

Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda...seperti orang yang belajar naik sepeda, untuk dapat mahir bermain sepeda, ia harus berkali-kali jatuh dalam berlatih, jadi ayooo...semangaat...^_^

10.Teruslan menjadi Pembelajar (wahai saudaraku engkau tidak akan mendapatkan ilmu kecuali dengan melakukan enam perkara: kecerdasan, ketamakan terhadap ilmu, kesungguhan, harta yang berkah, bergaul dengan guru, dan waktu yang memadai)

Jika kita bukan orang yang memiliki harta yang berkecukupan untuk menuntut ilmu, maka datangilah para guru-gurumu, yang mengajarkan sesuatu yang baik, atau ambilah setiap kesempatan menjadi pendengar saat banyak orang sholeh dan berhasil membagi ilmunya dalam suatu majelis, lalu pergunakan waktu yang sedikit dengan belajar dan mencari ilmu melalu cara kita yang bermanfaat...mari saling mengingatkan dan berbgai pengetahuan ya teman...^_^

11. Butuh kesungguhan dan Kerja keras (waman thalabal'ula,sahirallayali- jika seseorang menginginkan kemulian maka bangunlah dimalam hait unutk mendapatkan kemulian itu)
Bersungguh-sungguhlan setiap kita mengerjakan sesuatu, kalau perlu pasang tulisan di jidat kita besar-besar : "LAWAN RASA MALASMU"!!

12.Disiplin, Sabar dan KONSISTEN (Ash-shobaru kas-shobiri murrun fil' adzaqatihi,laakin'awaaqibuhu ahlaa minal 'asali- Kesbaran itu seperti oabt dari pepohonan yang pahit saat ditelan, tetapi akibatnya lebih manis dari pada madu)

Kalau belum berhasil bersabarlah...kita akan memiliki apa yang baik mnurut Tuhan untuk kita, dan semua itu telah terdapat dalam lauful mahfudz Tuhan, semua akan indah pada waktunya, yang perlu kita lakukan sekarang adalah disiplinkan diri untuk mencapai apa yang kita cita-citakan, konsisten dengan penuh apa yang dijalani, jangan setengah-setengah, pantaskan diri kita mendapatkan sesuatu yang ingin kita dapatkan dengan usaha kita sendiri, dan atas izin Tuhan..

13. Serahkan semua pada Tuhan
saat kita sedih, marah, kesal, mengadulah pad Tuhan, yang maha mendengar, maha bijaksana pemberi penyelesaian. Tugas kita hanyalah berusaha, dan Kuasa Tuhanlah yang akan menentukan, apakah hal tersebut akan memberi kebaikan, dan kebermanfaatan bagi kita. Jika yang kita inginkan belum kita dapatkan, mungkin Tuhan memiliki cerita lain unutk memberikan bahagia yang sebenar-benarnya sesuai dan kita perlukan.

maka jangan terlalu sedih kalau ada yang tidak tercapai, dan jangan pula terlampau sombong kalau kita mencapai sesuatu karena kita mencapainya tidak sendiri, tetapi ada campur tangan Tuhan di dalamnya....

Maha benar Alloh dengan segala firmannya, jika sekirannya terdapat hal-hal yang terlihat kurang bermanfaat, mohon dibukakan pintu maaf, namun, jika terselip suatu manfaat yang bisa diambil, semoga menjadi rahmat baik bagi kita semua,..resume Training Manjadda Wajadda , Masjid AGUNG SUNDA KELAPA , Menteng, Jakarta Pusat, Minggu 11 Juli 2010 (Farah zakia ahdiana dan Nanda Karisma Ayuningtyas )

salam

1 komentar:

  1. Luar Biasa.....btw izin share tautan ini, semoga berguna bagi pembaca lain, terima kasih

    BalasHapus